15 September 2021

KWARRAN KUTASARI

Portal Informasi Pramuka Kutasari

Kwarcab Purbalingga Gagas Pembentukan Saka Jurnalis

2 min read

Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purbalingga untuk menggagas pembentukan Satuan Karya (Saka) Jurnalis.

Saka Jurnalis ini nantinya menjadi wadah bagi pramuka penegak dan pandega untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya di bidang jurnalistik.

Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno mendukung gagasan terbentuknya Saka Jurnalis di bawah naungan Kwarcab Purbalingga. Sejak awal, dirinya ingin mendorong agar anggota pramuka bisa memperbanyak kegiatan menulis dan mewartakan kegiatan pramuka untuk masyarakat.

Seperti halnya kegiatan – kegiatan pramuka dalam rangka mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Kegiatan-kegiatan ini nantinya ditulis oleh teman-teman, kemudian disebarluaskan kepada masyarakat melalui media online dan bisa juga melalui media sosial sehingga masyarakat tahu kegiatan-kegiatan pramuka,” kata Kak Subeno

Ia juga menjelaskan ada banyak kegiatan pramuka yang meliputi pendidikan karakter, bela negara, kebencanaan, bersih lingkungan, penghijauan dan ketahanan keluarga. Dengan adanya anggota pramuka yang pandai di bidang jurnalistik, harapannya kegiatan-kegiatan pramuka yang positif dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

“Kwarcab Purbalingga juga terus mengedukasi tentang literasi digital, bagaimana anggota pramuka harus bijak dalam menggunakan internet dan media sosial agar lebih produktif. Beritakan yang baik bahwa pramuka itu berbuat sesuatu dan memberikan setitik bakti bagi bangsa ini,” ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Purbalingga, Kak Joko Santoso menuturkan di era teknologi informasi saat ini sangat penting untuk membekali anggota pramuka dengan kemampuan dasar ilmu jurnalistik. Kemampuan ini bisa diaplikasikan dengan membuat konten dalam bentuk tulisan, video maupun foto.

“Anggota pramuka juga harus mampu memahami karakteristik dan prinsip jurnalistik seperti menguasai teknik reportase, melakukan wawancara, riset dan terakhir membuat tulisan yang baik lalu disebarluaskan,” kata Kak Joko.

Dengan adanya internet saat ini jarak tidak menjadi penghalang untuk berbagi dan mencari informasi. Ia mengharapkan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, anggota pramuka mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan yang positif, cerdas dan bijaksana.

“Cerdas di sini mampu menangkap momen kegiatan pramuka dan menampilkan sudut pandang yang sesuai. Kemudian bijak dalam menggunakan sosial media dan bersosialisasi di dunia nyata,” terangnya.

Andalan Humas Kwarcab Purbalingga, Kak Mahendra Yudhi Krisnha menyampaikan setiap kegiatan pramuka yang diadakan bisa menjadi bahan tulisan yang menarik. Kemudian nantinya bisa dikembangkan dengan bahasa yang baik dan menarik agar masyarakat mengetahui dan dapat teredukasi dari informasi yang diberikan.

“Harapannya ke depan Saka Jurnalis bisa menjadi ujung tombak pemberian informasi kegiatan kepramukaan dan menjadi salah satu bagian untuk memberikan pendidikan kararakter,” pungkas Kak Mahendra

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *