20 September 2021

KWARRAN KUTASARI

Portal Informasi Pramuka Kutasari

Kwarda Jateng Targetkan 50.000 Orang Pramuka Garuda Selama Lima Tahun

2 min read

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah mentargetkan 50.000 Anggota Pramuka mencapai tingkatan Garuda selama periode tahun 2018-2023.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartit Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Kak Subeno meuturkan, dengan target ini diharapkan akan menjadi indikator mendasar bagi keberhasilan pembinaan Gerakan Pramuka.

“Oleh karenanya perlu diselenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengarah pada tercapainya target mendapatkan Pramuka Garuda baru sebanyak-banyaknya yang bisa menjadi contoh bagi para anggota Pramuka lainnya,” katanya kepada pramukapurbalingga.id, di Sanggar Bakti Pramuka, Senin (28 Juni 2021).

Anggota Teladan

Ia menambahkan, kegiatan selanjutnya secara berkesinambungan, perlu diberikan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka yang sudah menyandang predikat Garuda untuk terus berkarya unjuk kemampuan dan unjuk prestasi untuk menjadi yang terbaik.

“Terbaik sebagai anggota Teladan dan sebagai Duta Pramuka Jawa Tengah ke ranah yang lebih luas,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai upaya mencapai tujuan tersebut, diperlukan adanya rangsangan kepada para anggota Pramuka agar terdorong untuk mencapai suatu prestasi dalam kegiatan yang dilaksanakannya.

“Selanjutnya dituangkan dalam Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang mengenal sistem tanda kecakapan, dan apresiasi terhadap pencapaian kecakapan tertentu melalui pemberian suatu tanda penghargaan,” katanya.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Purbalingga, Kak Sutarko megatakan, Kwarda Jawa Tengah mempunyai satu kegiatan yang sudah diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya dan bersifat khas, sebagai ajang pertemuan para Pramuka Garuda dengan nama “Eagle Scout Awards” atau Lomba Pramuka Garuda Berprestasi.

“Kami di Kwarcab Purbalingga melakukan seleksi terhadap Pramuka Garuda dari golongan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega untuk ditetapkan sebagai Pramuka Garuda Berprestasi di tingkat Jawa Tengah,” katanya.

Scouting skills

Ia menambahkan, tujuannya membekali para Pramuka Garuda dengan pendalaman mental dan karakter, peningkatan scouting skills dan pengembangan soft skills, yang diharapkan bisa menjadi contoh atau suri tauladan khususnya bagi anggota Pramuka yang lain.

“Secara umum harus mampu menjadi contoh baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Ia memaparkan, setiap Kwartir Cabang mengirimkan delapan orang Pramuka Garuda sebagai Peserta satu orang masing-masing Purta dan Putri Pramuka Siaga Garuda Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, Pramuka Pandega Garuda.

“Dengan perhitungan kuota per-Golongan adalah 70. Apabila terjadi kuota yang tidak terpenuhi untuk masing-masing golongan, kekurangannya akan ditawarkan kepada Kwartir Cabang manapun yang siap untuk menambah jumlah Peserta di golongan tersebut, sebelum batas waktu yang ditentukan,” katanya

Untuk diketahui, peserta golongan Siaga wajib didampingi oleh satu orang Pembina Pendamping. Peserta golongan Penggalang seyogyanya didampingi oleh Pembinanya. Setiap Peserta untuk siaga dibantu oleh Bindamping melakukan pendaftaran secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *