17 September 2021

KWARRAN KUTASARI

Portal Informasi Pramuka Kutasari

Sementara Waktu Tak Bisa Bentuk Saka Baru. Ini Alasannya

2 min read
Wakil Ketua Pinsaka Saka Milenial, Sukma Wahyu Wardono

Wakil Ketua Pinsaka Saka Milenial, Sukma Wahyu Wardono

Apresiasi dari berbagai lembaga di Purbalingga terhadap eksistensi kegiatan Gerakan Pramuka yang dilakukan Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga sangat tinggi.

Hal ini terbukti, lembaga-lembaga diluar Pramuka ingin membentuk wadah Satuan Karya (Saka). Namun, apresiasi ini untuk sementara waktu tidak dapat terwujud.

“Iya, belum dapat terwujud. Karena ada surat dari Kwartir Nasional (Kwarnas) kepada Kwartir Daerah (Kwarda) se Indonesia. Untuk sementara waktu tidak memfasilitasi terbentuknya Saka Baru,” ungkap Andalan Daerah Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah Urusan Komunikasi Strategis, Kak Sukma Wahyu Wardono (Kak Ardo) saat dihubungi kwarcabpurbalingga.or.id

Kak Ardo memaparkan, pihaknya mendasarkan surat Kwarnas nomer 0181-00-C tanggal 9 Juli 2020 yang ditanda tangani Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso tentang pembentukan Saka baru. Dalam surat itu disebutkan, Kwarnas Gerakan Pramuka sedang melakukan revisi Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) Satuan Karya Pramuka (Saka) sebagai bagian dari Progam Revitalisasi dan Akselerasi Saka untuk menyiapkan saka sebagai wadah Job Creation, dan menyiapkan peserta didik memasuki dunia kerja di Era Industri 4.0 dan Era Society 5.0.

“Oleh karena itu, Ketua Kwarda dimohon untuk sementara waktu tidak memfasilitasi dan mendorong dibentuknya Saka baru, sampai dengan diterbitkan Jukran Saka yang baru,” tegasnya.

Namun demikian imbuh Kak Ardo, jika para pimpinan lembaga ingin berkegiatan bersama anggota Pramuka dapat berkolaborasi dengan Saka-saka yang sudah ada.

“Misalnya berkolaborasi dengan Saka Milenial. Karena dalam Saka ini terdapat lima krida yang dapat digunakan, yakni krida Literasi Digital dan Internet, Kreasi Animasi dan Multimedia, Inovasi Perangkat Lunak, Telemetri dan Robotika serta Krida Teknologi Jaringan dan Big Data,” katanya.

Sebagai informasi, Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital (Saka Milenial) merupakan wadah peningkatan Keterampilan di Bidang Teknologi Informasi, Komunikasi dan Komputer bagi anggota gerakan pramuka yang menyenangi dan menyukai bidang tersebut

Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital telah resmi dibentuk dan di kukuhkan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2019.

Terbentuknya Saka Milenial ini berdasarkan SK Kwarda Nomor 122 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital Kwartir Daerah Jawa Tengah dan SK Nomor 132 Tahun 2019 tentang Susunan Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital Kwartir Daerah Jawa Tengah masa bakti 2019 -2023

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *