20 September 2021

KWARRAN KUTASARI

Portal Informasi Pramuka Kutasari

Meja Redaksi

Terima kasih Kakak-kakak telah mengunjungi webise Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kutasari, Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga

Portal kutasari.pramukapurbalingga.idini merupakan jaringan portal terbesar untuk kegiatan Pramuka di Indonesia. Media informasi Pramuka yang dirilis oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga ini mempunyai 20 portal berjejaring untuk semua Kwarran dan satuan Karya Pramuka di Purbalingga.

Portal Pramuka Purbalingga network menjadi portal terdepan dalam pemberitaan kegiatan Pramuka. Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga mengambil peran untuk memenuhi tuntutan publik terhadap kebutuhan informasi Kepramukaan bagi masyarakat luas.

Sebagai bagian portal terbesar berita Pramuka. Pramuka Purbalingga network menghadirkan berita-berita yang berkulaitas tinggi dan layak dibaca untuk semua usia.

Portal terbesar berita Pramuka ini didukung oleh Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kwarcab Kabupaten Purbalingga. Karena, menjadi satu tugas Bidang Humas dan Protokol untuk selalu memberikan informasi yang bertujuan untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka yang baik sehingga memunculkan dukungan masyarakat terhadap Gerakan Pramuka.

Dengan adanya teknologi internet, informasi dapat dengan sangat mudah dan cepat didapat. Meluasnya pemanfaatan teknologi internet tidak dapat kita pungkiri mengubah pola masyarakat dalam mengakses informasi dan cara media menyediakan berita. Masyarakat semakin mudah untuk mengakses informasi atau berita di website siber media.

Mengutip pesan Ketua Kwartir Daerah Provinsi Jawa Tengah Kak Siti Atikoh Ganjar Pranowo, agar anggota Pramuka mau dan memampu menguasai teknologi, termasuk mampu memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan berbagai pesan positif terkait kegiatan-kegiatan kepanduan. Langkah ini juga dilakukan untuk memerangi berita bohong (hoaks) yang marak menyebar di tengah masyarakat.

Untuk itu, anggota pramuka harus mau dan mampu menguasai teknologi, termasuk mampu memanfaatkan media online untuk menyebarluaskan berbagai pesan positif terkait kegiatan-kegiatan kepramukaan dan kegiatan pemerintah.

VISI

Mewujudkan anggota Pramuka yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab dengan berbagi informasi melalui siber media

MISI

Mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka di kehidupan bermasyarakat

Mengedukasi penggunaan teknologi digital untuk hal-hal yang positif. Literasi digital yang bijak dalam berinternet diharapkan mampu mengubah mindset digital dari sekadar untuk bersosial menjadi lebih produktif.

Memberikan akses informasi kegiatan Gerakan Pramuka kepada semua elemen masyarakat

Menyajikan informasi secara eksklusif dengan selalu mengedepankan membuat berita, kolaborasi dan investigasi.